Sabtu, 03 September 2011

Kecerdasan Mahluk Kecil: Tikus bab 2


Terimakasih sudah melanjutkan bersama-sama mengarungi rahasia salah satu teman kita didunia ini yaitu tikus. Hehehehe. Tikus sangatlah unik jika kita teliti, tikus mempunyai sifat yang mirip manusia dalam hal mengekspresikan rasa bahagianya, sedihnya, stres, menyesal dll. Ketika didalam kebingungan, entah karena ketahuan mencuri ikan, tikus langsung menjerit-jerit, yang dalam bahasa tikus berbunyi "cit" (bukan berarti penulis penerjemah bahasa tikus lho. hehehe).

Karena keunikannya itu, tikus sebenarnya binatang lucu, lihatlah wajahnya yang penuh penyesalan ketika bertatap muka dengan kita, langsung diam sejenak kemudian lari terbirit-birit, entah takut dipukul atau memang takut karena wajah yang ditemui tikus lebih seram dari dirinya. hihihihi.

Sudah, sudah, kita lebih serius lagi ya dalam pembahasan ini?. Siapa sangka, tikus yang lucu tersebut mempunyai kecerdasan yang sangat hebat, karena keingintahuan para peneliti tentang kecerdasannya, sampai-sampai tikus dibuat percobaan bahkan diuji, apa ujian untuk tikus? yaitu tikus diletakkan pada sebuah labirin yang disitu terdapat berbagai banyak jalan dan hanya satu pintu keluarnya, ketika diuji, dengan kecepatan larinya yang luar biasa, tikus langsung dapat menebak manakah jalan yang benar, manakah jalan yang bisa membuatnya keluar.

Itu masih belum seberapa, sekarang dengan pengujian yang lain, dengan tempat yang sama, setiap pintu keluar diberi makanan kesukaan tikus, tetapi hanya satu yang tidak mengandung racun. Kemudian tikus itu dilepas dan mencari jalan keluar plus makanan yang tidak beracun, sungguh luar biasa, tikus bisa menebaknya. Makanya, tikus sebenarnya tidak bisa dijebak dengan makanan yang mengandung racun, karena tikus mempunyai keahlian dalam mendeteksi makanan yang mengandung racun. SubhanaAllah, tikus yang kecil dan lucu itu mempunyai kecerdasan, padahal tidak ada satupun tikus yang pernah sekolah. Hehehehe, apakah itu mustahil, tentu tidak, Allah yang memberikan ilham bagi setiap mahluk-Nya.

Disamping itu, tikus jika dilatih akan bertambah cerdas, apalagi disekolahkan, pasti juga mudah mendapatkan berbagai gelar, hehehe (bercanda). Terbukti tikus dapat mendeteksi adanya bakteri penyebab tuberkulosis, waw sangat dahsyat sekali, apa bakteri yang ditemukan tikus pada penyakit TB tsb, menakjubkan!! tikus mengendus bakteri Mycobacterium tuberculosis, bakteri penyebab TB. SubhanaAllah.

Itu kan tikus, semakin dilatih semakin bisa pintar, lalu bagaimana dengan manusia? tentunya akan lebih dahsyat kecerdasannya. Tikus ini mengingatkan pada kita, agar kita selalu bersyukur atas kelebihan yang diberikan Allah kepada kita, yang punya otak, pikiran dan tentunya hati, marilah kita sama-sama mensyukuri nikmat ini dan tentunya mempergunakan dengan sebaik-baiknya. Alhamdulillah.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Belajar Center | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Ultrasound schools in Florida
Creative Commons License
.