Kamis, 15 September 2011

Persiapan Sebelum Mengajar


Untuk menuju kesuksesan, membutuhkan persiapan. Untuk menuju ke Jakarta dari surabaya, juga membutuhkan persiapan. Allah sebelum menciptakan manusia, menciptakan mahluk hidup, juga sudah dipersiapkan oleh Allah. Persiapan memang sudah ditakdirkan Allah kepada alam.

Tentunya, sebelum membaca lebih lanjut, juga membutuhkan persiapan, yaitu berdoa terlebih dahulu, dengan berharap agar ilmu yang didapat bermanfaat, serta jangan prasangka, dan buka hati dan pikiran agar ilmu mudah diserap. ehehehehee.

Bagi seorang pengajar, sebelum mengajarkan kepada muridnya, pasti membutuhkan persiapan, misalkan, persiapan pelajaran yang akan diajarkan, persiapan materi, dll. tidak lupa dengan doa diawal persiapan itu.

Persiapan seperti itu sudah cukup bagus, namun ada pertanyaan yang sangat mendasar disini. Persiapan kadang dianggap remeh sekali, yang banyak diremehkan adalah persiapan berdoa. Berdoa itu sebenarnya sangatlah penting, apa pentingnya berdoa? nanti dulu, praktik dulu.

Sebelum mengajar, hendaknya seorang guru atau pengajar, mengajak muridnya berdoa, eiittts... tunggu dulu, ya kita lanjut, berdoa bersama-sama atau didalam hati sama saja. setelah berdoa, hendaklah guru menerangkan betapa pentingnya berdoa itu, berdoa adalah berkomunikasi dengan Tuhan, nah adab berdoa juga jangan dilupakan, karena berdoa itu berkomunikasi dengan Yang Maha Tinggi, hendaknya harus punya aturan dan tata krama yang baik, mengapa?

Tentu saja agar apa yang kita inginkan dapat dipenuhi oleh Tuhan, manfaat dari belajar, salah satunya ditentukan dari doanya, doa yang baik, akan membuat ilmu yang dimilikinya akan bermanfaat. Begitu pula dengan tujuan untuk apa kita belajar, dengan berdoa, kita akan mendapatkan petunjuk yang cerah untuk masa depan kita.

jadi, jangan meremehkan doa, wahai guru-guru yang budiman, ajarkanlah tata krama kepada murid-murid tentang adab berdoa, jangan diremehkan. semoga bermanfaat. amiin

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Belajar Center | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Ultrasound schools in Florida
Creative Commons License
.