Minggu, 28 Agustus 2011

Kecerdasan Mahluk Kecil: nyamuk bab 1


Sesungguhnya Allah tiada segan membuat perumpamaan berupa nyamuk atau yang lebih rendah dari itu. Adapun orang-orang yang beriman, maka mereka yakin bahwa perumpamaan itu benar dari Rabb mereka, tetapi mereka yang kafir mengatakan: "Apakah maksud Allah menjadikan ini untuk perumpamaan?" Dengan perumpamaan itu banyak orang yang disesatkan Allah, dan dengan perumpamaan itu (pula) banyak orang yang diberi-Nya petunjuk. Dan tidak ada yang disesatkan Allah kecuali orang-orang yang fasik (QS. Al-Baqarah, 2:26)

Pembukaan dengan QS.Al-Baqarah ayat 26, agar pembaca tahu apa yang pertama kita bahas, yaitu Nyamuk. Apa dibenak pembaca tentang nyamuk, pasti sebagian ada yang mengatakan bahwa nyamuk itu suka menggigit, pengganggu tidur, penghisap darah dll. Sadis banget nyamuk ya, nyamuk buat orang ngamuk (bahasa jawa dari marah). Hehehe.

Pembaca ingat, ketika tidur, mungkin pembaca menyiapkan persiapan senjata lengkap, mulai dari obat nyamuk, semprotan pembasmi nyamuk, raket listrik, dan cream pelindung dari gigitan nyamuk, apalagi di jaman modern ini sampai-sampai ada software pengusir nyamuk.. waw!! Perlengkapan senjata yang sangat lengkap hanya untuk menghadapi mahluk kecil bernama nyamuk. Kalau berani lawan dengan tangan kosong? Hehehe. Apakah pembaca pernah berpikir, jika nyamuk tidak membawa semprotan pembasmi manusia, nyamuk juga tidak memakai obat pembasmi manusia, apalagi pakai raket listrik ataupun nyamuk mengolesi tubuhnya dengan cream pelindung gigitan manusia, yang lebih mustahil lagi, nyamuk membuat software pengusir manusia. Hehehehe. Nyamuk dengan sangat gagah berani menghadapi pembaca yang lebih besar daripada dia, nyamuk dengan semangat juang yang tinggi, dengan jiwa kesatria, tidak takut sama sekali dengan yang namanya manusia. Kata nyamuk “hidup mulia atau mati syahid”. Hehehe. Tetapi anehnya, nyamuk yang berani itu adalah nyamuk betina. Wah, sama nyamuk betina saja sampai kalah, apa kata dunia. Hehehehe.

Nyamuk diberi ilham oleh Allah dan tugas yang sangat mulia, untuk mengingatkan manusia agar selalu ingat kepada Allah, untuk mengingatkan kepada manusia agar tidak sombong, tidak sok kuat, tidak sok berlebihan. Allah memberikan kekuatan dahsyat bagi nyamuk, dengan dipersenjatai alat yang kecil, yaitu alat penghisap yang namanya probosis. Mau tahu kecerdasan seekor mahluk kecil ini. Mari kita tengok?

Nyamuk yang menghisap darah adalah nyamuk betina, mengapa? Karena nyamuk betina memerlukan protein untuk membuat telurnya berkembang, daripada susah-susah makan telur, nyamuk kan tidak punya gigi. Hehehe, ya pastinya nyamuk mencari yang lebih mudah yaitu korbannya mamalia, dengan senjata proboscis dilengkapi dengan pisau halus perobek kulit plus air liur yang mengandung antikoagulan. Bagaimana nyamuk beraksi?

Klik kecerdasan mahluk kecil: nyamuk bab 2

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Belajar Center | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Ultrasound schools in Florida
Creative Commons License
.